Blog

07/05/2019

 HADIANA: AKREDITASI BUKAN SOAL NILAI SEMATA

Akreditasi bukan hanya soal mengejar nilai semata, lebih dari itu harus tercermin dalam implementasinya. Pasalnya, akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan formal yang diberikan badan akreditasi terhadap kompetensi suaru lembaga atau organisasi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19/2005 pasal 1 ayat 21 disebutkan bahwa akreditasi adalah kegiatan kelayakan penilaian program dan atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Hadiana Soeriaatmadja mengemukakan bahwa untuk membuat akreditasi berjalan lancar tentu harus ada komunikasi yang baik antara warga sekolah dengan pengawas serta stakeholder lainnya.

“Akreditasi bukan semata hanya untuk mengejar nilai namun yang lebih utama adalah bagaimana realnya di lapangan,” ungkapnya dalam sosialisasi akreditasi yang berlangsung di Grand Tebu Hotel, Jalan R. E. Martadinata, Kota Bandung, belum lama ini.

Lebih lanjut Hadiana mengatakan, dirinya berpandangan demikian karena faktanya banyak yang terjadi ketika akreditasi usai, warga sekolah menjadi lengah kembali.

“Dengan adanya akreditasi diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu layanan pendidikan sekolah secara berkelanjutan. Delapan Standar Nasional Pendidikan bukan hanya sekedar untuk kegiatan akreditasi namun diharap untuk terus ditingkatkan secara terus menerus,” tutur Hadiana.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Bandung menggelar sosialisasi akreditasi dengan mengudang kepala sekolah dari 80 sekolah negeri dan swasta serta sekolah terbuka. Mereka hadir untuk memahami lebih dalam informasi serta pemaparan terkait akreditasi yang disampaikan narasumber.

Hadiana pun mengingatkan kepada 38 sekolah yang peserta didiknya kurang dari 60 orang untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan koordinasi terkait apa yang harus dilakukan ke depannya.

Tim Humas Disdik Kota Bandung

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dalam ruangan

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri

Dinas Pendidikan
About