Blog

18/05/2022

Adaptasi dan Solidaritas Perlu dilakukan Untuk Menciptakan Anak Menjadi Cerdas

Bandung – Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di lingungan Dinas Pendidikan Kota Bandung perlu beradaptasi dengan kondisi dan menjaga solidaritas untuk menciptakan generasi yang cerdas. Karena wajah Indonesia di masa yang akan datang tergantung para pendidik memberi pelajaran, Selasa (17/05/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar hadir memberi pengarahan kepada Pengawas Sekolah, para PTK harus berdaptasi dan tetap solid untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bandung. Hal tersebut disampaikan dalam acara Pengarahan dan Penyerahan SPT Pengawas TK di Hotel Prime Park, Bandung, Rabu (17/05/2022).

“Bapak Ibu pengawas perlu beradaptasi dengan kondisi. Persatuan pun ini harus dijalin kompak dan solid, agar semuanya berkordinasi, berkomunikasi dengan benar,” kata Hikmat di Prime Park, Bandung, Selasa (17/05/2022)

Kemudian, lanjutnya, membahas berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi, termasuk bagaimana mengembangkan pendidikan di Kota Bandung yang jauh lebih menarik sesuai dengan prosedur Merdeka Belajar. Karena para pengawas akan menjadi agen perubahan dalam dunia Pendidikan.

“Kita tidak boleh masing-masing, kita harus solid. Ketika merasa lebih tahu, merasa lebih pintar dan jika ada yang tidak tahu, ayo kita bantu agar menjadi tahu dan menjadi bisa. Lembaga akan kuat jika kita saling menguatkan,” ujarnya.

Semua generasi harus beradaptasi dengan kondisi saat ini. Karena jika tidak beradaptasi, akan tertinggal dan memaksakan diri dengan kultur yang lama. Sementara aturan-aturan, regulasi-regulasi cepat berubah dan menuntut untuk bergerak cepat dari satu tempat ke tempat lainnya.

“ Tentu saja, anak cerdas diberikan kemerdekaan belajar, mengemukakan pendapat, memecahkan masalah dari sudut pandangnya. Maka kebebasan itu dimunculkan sehingga anak akan bisa cerdas,” pungkasnya. (fat/irv) ***

 

Tim Kehumasan Dinas Pendidikan Kota Bandung

Dinas Pendidikan ,
About