Blog

22/12/2021

Bentuk Herd Immunity di Sekolah, Vaksinasi Pelajar Usia 6-11 tahun Dilaksanakan

Bandung – Sasaran vaskinasi usia 12-17 tahun di Kota Bandung mendekati 100 persen (98,23%) di Desember 2021. Kini Herd Immnunity di lingkungan sekolah akan terbentuk dengan pelaksanaan vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun.

Pemberian vaksinasi selain untuk membentuk herd immunity, juga untuk mencegah sakit berat dan kematian kepada anak yang terinfeksi, meminimalisasi penularan hingga mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar meninjau kegiatan vaksinasi pelajar yang dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan dan didampingi oleh istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya di SDN 196 Sukarasa Bandung, Selasa (21/12/2021).

“Kegiatan vaksinasi pelajar ini memiliki arti dan makna yang sangat penting. Terlebih untuk membentuk herd immunity di lingkungan sekolah,” kata Hikmat usai meninjau, Bandung, Selasa (21/12/2021).

Harapannya, dengan vaksinasi seluruh warga sekolah bisa segera melaksanakan pembelajaran secara normal seperti sebelumnya. Sebab, vaksinasi ini pun bertujuan untuk membentuk herd immunity.

“Kami berharap kepada semua pihak, orang tua mendukung dan memberikan izin kepada anak anaknya untuk divaksinasi. Tentu vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dan seluruh sekolah harus melaksanakkan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandung, Bambang Ariyanto menjelaskan, rangka mengamankan warga sekolah, program vaksinasi ini sangat penting. Sehingga perlu didukung oleh semua pihak baik dari sekolah, orang tua, dan pihak lainnya.

“Tentu saja karena masih anak-anak, perlu didampingi oleh orang tuanya dan diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Tentu akan dilakukan skrining terlebih dahulu,” kata Bambang di Bandung, Senin (20/12/2021).

Strategi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kewilayahan dalam pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun ini dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pihak sekolah. Dilanjut pihak sekolah akan mensosialisasikan kepada orang tua siswa.

“Catatan pentingnya, vaksin yang digunakan adalah Sinovac karena yang jenis lain belum ada rekomendasi dari pemerintah,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Kota Bandung pun mengimbau kepada seluruh pihak termasuk para orang tua dan siswa untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun ini. Agar tujuan membentuk herd immunity dan lainnya bisa tercapai sehingga warga sekolah bisa melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman.

“Kepada anak-anakku, jangan khawatir jangan takut untuk divaksin. Ini pun untuk mendukung pelaksanaan PTMT di Kota Bandung,” tegasnya. *** (fat/irv)

 

Tim Humas Dinas Pendidikan Kota Bandung

 

 

 

 

Dinas Pendidikan , ,
About