Blog

21/02/2019

Forum group Discussion Penyusunan Raperwal PPDB yang ke 2 di Aula Disdik Kota Bandung

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar buka kegiatan Forum group Discussion Penyusunan Raperwal PPDB yang ke 2 di Aula Disdik Kota Bandung Rabu (21/2/19).
Dalam sambutannya, hikmat berterima kasih dan mengapresiasi para stakeholder pendidikan yang hadir dalam kegatan ini. Hadir dalam kegiatan Pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Disdik, Komite, organisasi guru, serta LSM yang peduli terhadap pendidikan.
Hikmat menegaskan kepada seluruh peserta kegiatan bahwa Peraturan Wali Kota ini dibuat atas perintah Permendikbud dimana dalam beberapa hal aturan Pemerintah Daerah tidak dapat keluar dari aturan Pemerintah Pusat. Namun demikian Pemerintah daerah menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan selanjutnya disampaikan kepada Pimpinan untuk dikonsultasikan kepada Kemdikbud. Hikmat menyakinkan kepada peserta yang hadir bahwa Pemerintah Kota Bandung akan berupaya secara maksimal agar anak-anak di Kota bandung dapat mengembang Pendidikan Dasar 9 tahun baik di sekolah Negeri maupun Swasta. “tidak hanya kecerdasan intelektual, tetapi kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosionalah yang berperan penting bagi kesuksesan anak, segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya, Jadi sekolah itu sama saja, yang penting berfikir dan bersikap positiflah”.
Dalam kesempatan diskusi ada beberapa hal yang menjadi pembahasan diantaranya peran komite sekolah, peluang Penduduk Kabupaten yang ingin bersekolah di kota bandung, kuota khusus untuk guru, penetapan jarak, termasuk hal-hal terkait fasilitasi bagi Penduduk Rawan melanjutkan pendidikan.
Dalam Raperwal disampaikan bahwa terdapat 3 jalur pendaftaran diantaranya jalur prestasi, jalur perpindahan orangtua, dan Zonasi. Dimana dalam zonasi dibagi ke dalam kuota zonasi RMP, Zonasi Murni, dan Zonasi Kombinasi.
Banyaknya masukan dari masyarakat terkait permohonan pertimbangan nilai bagi anak-anak yang lokasi rumahnya jauh dari sekolah, tetapi memiliki nilai yang baik serta belum meratanya SMP di Kota Bandung, membuat tim Perumus menambahkan kuota zonasi kombinasi. Namun demikian hal ini masih rancangan dan perlu dikonsultasikan ke Kemdikbud sebelum ditetapkan. **(TimkehumasanDisdikBandung).

Gambar mungkin berisi: 1 orang, teks

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang berdiri

Gambar mungkin berisi: 3 orang

Gambar mungkin berisi: 2 orang, dalam ruangan

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Dinas Pendidikan
About