Blog

03/05/2019

HARDIKNAS MOMENTUM PERUBAHAN MENUJU KEDEWASAAN

Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk membawa perubahan menuju kedewasaan. Pendidikan tidak hanya melulu soal nilai berupa angka dan indeks prestasi, lebih dari itu memupuk sikap dewasa pada setiap diri peserta didik.

Walikota Bandung, Oded M. Danial mengemukakan bahwa peran penting pendidikan salah satunya adalah mengubah pola pikir dan pola perilaku untuk mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang dewasa.

“Maka setiap warga negara harus melewati proses pembelajaran. Proses belajar yang pada hakikatnya adalah momentum perubahan bagi sikap dan perilaku menuju kedewasaan,” ungkapnya saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Plaza Balaikota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (2/5/2019).

Hadir dalam upacara yang berlangsung khidmat itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung beserta jajaran, PGRI beserta jajaran, perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, serta perwakilan dari peserta didik.

“Kedewasaan yang diharapkan di antaranya adalah kedewasaan demokratis dimana terbentuknya umat dan negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional,” kata Walikota.

Perlu diketahui bahwa Undang Undang Dasar No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13 menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Tim Humas Disdik Bandung

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan teks

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

Gambar mungkin berisi: 1 orang, pohon dan luar ruangan

Gambar mungkin berisi: 5 orang

Gambar mungkin berisi: 12 orang, orang tersenyum, luar ruangan

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang tersenyum, orang berdiri, pernikahan dan luar ruangan

Dinas Pendidikan
About