Blog

05/08/2019

*Optimisme Lahirkan Manusia Berkarakter*

Kepala Sekolah SMP Negeri bersama Wakasek Kurikulum mengikuti kegiatan Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 bertempat di Hotel Amarossa, Jalan Aceh No. 71A Bandung. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 05 s.d 06 Agustus 2019.
Berkenan membuka acara adalah kepala Bidang PPSMP Hadiana Soeriaatmadja. Dalam kesempatan tersebut Hadiana mengatakan agar kegiatan ini menjadi sebuah komitmen bagaimana pengembangan kurikulum agar dilaksanakan sebaik mungkin. Semua harus bersinergi, berkolaborasi agar menghasilkan yang terbaik.
Kegiatan PPDB merupakan hal yang krusial di Dinas Pendidikan. Itu sebab dalam dua tahun ini dibentuk sekolah rintisan dengan dua model yakni model satu atap dan model rintisan mandiri.
Terlepas dari adanya kurikulum 13. Hadiana mengharapkan agar anak-anak dapat semakin meningkatkan kompetensinya.
“Tugas Bapak dan Ibu adalah menghadirkan talenta-talenta yang ada pada anak didik sehingga dapat meningkatkan mutu anak yang berkarakter. Ketika optimisme lahir maka akan mendapatkan orang-orang yang berkarakter,” Hadiana menutup sambutannya.
Laporan kegiatan disampaikan oleh Kepala Seksi Kurikulum Bambang Ariyanto. Dalam laporan di hadapan peserta Bambang menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) Agar Wakasek kurikulum dapat mendokumentasikan serta mengembangkan kurikulum 2013 di Kota Bandung. 2) Mengambil manfaat dan gagasan yang baik tentang refleksi dari tahun kemarin. 3) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan K 13 di sekolah masing-masing. 4) Evaluasi dan pembinaan yang saling memengaruhi ke arah pengembangan yang lebih baik.
Bambang Ariyanto juga menyebutkan bahwa area layanan pendidikan terdiri dari 4 tahap. Diantaranya; 1) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), 2) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), 3) Proses Belajar Mengajar (PBM), 4) Evaluasi.
Hadir juga dalam kegiatan ini adalah Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum dari sekolah rintisan. Diantaranya: SMPN 59 (Cicabe), SMPN 60 (Ciburuy), SMPN 61 (Cimuncang), SMPN 62 (Kebon Gedang), SMPN 63 (Cihaur Geulis), SMPN 64 (Sukawarna), SMPN 65 ( Ciwastra).(TimHumasDisdikBandung)

Dinas Pendidikan
About