Blog

01/11/2018

Outdoor Classroom Day (OCD) atau Hari Belajar di Luar Kelas SDN 077 Sejahtera

Kepala Bidang P3TK Cucu Saputra memberikan sambutan di hadapan ratusan peserta didik SDN 077 Sejahtera dalam acara peringatan Outdoor Classroom Day (OCD) atau Hari Belajar di Luar Kelas. OCD ini akan dirangkaikan dengan pembacaan Ikrar Bandung Santun oleh seluruh SD, SMP Negeri dan Swasta di Kota Bandung. Dalam sambutannya Cucu mengatakan bahwa setiap tanggal 1 November 2018, diperingati sebagai Outdoor Classroom Day (OCD) atau Hari Belajar di Luar Kelas. Dimana dalam satu hari ini anak-anak keluar dari rutinitas. Mereka belajar di luar kelas yang diisi dengan makan dan membaca buku cerita secara bersama. Hal ini bertujuan untuk menurunkan tingkat stres pada anak dengan memberikan suasana baru penuh kecerian.

Sementara Ikrar Bandung Santun adalah upaya Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam membentuk generasi penerus bangsa yang santun, berkarakter dan berakhlak mulia. Tidak saja santun dalam bersikap namun dalam berucap. Membawa nilai -nilai positif dari lingkungan sekolah ke lingkungan dimana mereka tinggal.

Ikrar Bandung Santun di SDN 077 Sejahtera sendiri berjalan lancar dan sukses. Ratusan siswa dan siswi SDN Sejahtera semangat ucapkan Ikrar Bandung Santun yang dipimpin oleh Azizah Adinda Putri perwakilan siswa kelas 6. Setelah pembacaan Ikrar Bandung Santun, seluruh warga sekolah melakukan penandatangan di atas spanduk. Ini adalah komitmen mereka sebagai pelopor kesopanan, mereka akan menjaga setiap ucapan dan perilaku dimana pun dan kemana pun. Serta akan membiasakan diri mengucapkan kata terima kasih atau hatur nuhun, maaf atau punten, dan selamat atau wilujeng.

Cucu sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap seluruh peserta didik di Kota Bandung bisa menjadi pelapor perilaku ketidaksantunan dan pelopor kesantunan bagi siapapun di lingkungan mereka. Anak-anak harus saling mengingatkan, jika diantara mereka ada yang berujar kasar atau berperilaku tidak sopan. Lebih lanjut Cucu mengingatkan bahwa berbicara santun harus menjadi kebiasaan dan spontan dalam pergaulan sehari-hari, sehingga ujaran-ujaran kasar dan tidak baik itu lambat laun hilang dan berubah menjadi ujaran baik, enak didengar dan santun. Semoga dengan diadakannya gerakan Bandung Santun ini anak-anak di Kota Bandung menjadi anak yang Santun, Berbudi Pekerti Luhur dan Unggul. (Tim Kehumasan- DisdikBdg)

 

 

Gambar mungkin berisi: 16 orang, orang tersenyum, keramaian dan luar ruangan

 

Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.

 

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

 

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, anak

 

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang tersenyum, orang duduk

 

Gambar mungkin berisi: 30 orang, orang tersenyum, topi

 

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, teks

Dinas Pendidikan
About