“IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA”

11/24/2018 by in category Guru, PTK with 0 and 4
Home > Karya > Keanggotaan > Guru > “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA”

“IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA”

 

Haviz Kurniawan

SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang No 87 Bandung, email : peaceedogawa@gmail.com

 

Abstrak

 

 

Pembelajaran yang berhasil dan berdaya guna juga ditandai dengan tingginya kegiatan dan partisipasi  siswa dalam lingkungan belajar. Partisipasi siswa yang tinggi dalam belajar dapat dicapai dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan efektif yakni metode yang dapat menumbuhkembangkan dan meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa secara signifikan. Hal ini didasari oleh asumsi, bahwa ketepatan guru dalam memilih model dan metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan  belajar, karena model dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang dilakukannya. Seorang guru harus bisa mengakomodir keinginan belajar siswa dengan berbagai karakteristik unik tersebut. Keterampilan belajar pada abad 21 telah banyak sekali dikembangkan, salah satu indicator keterampilan abad 21 adalah kemampuan berkomunikasi. Pembelajaran dengan pendekatan STEM dapat melatih siswa dalam pemecahan suatu masalah dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains di sekolah dasar melalui metode pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan berkomunikasi siswa dapat meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode yang lainya. Temuan ini menegaskan bahwa metode pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama dalam hal berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan metode pembelajaran berbasis STEM  terbukti dapat menjembatani kemampuan yang diperoleh anak dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis STEM  melibatkan akitivitas pemecahan masalah otentik dalam konteks sosial, kultural, dan fungsional.

Keyworlds : Sains, STEM, Komunikasi Siswa

“IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA”

Dinas Pendidikan Kota Bandung 2017