KAMANDAKA

01/03/2019 by in category Artikel, Guru with 0 and 2
Home > Karya > Karya Ilmiah > Artikel > KAMANDAKA

KAMANDAKA

Oleh : Titin Hernawati, S.Pd. Guru SMPĀ  Pasundan 9 Bandung

 

TAPAK KEJAYAAN LINGKUNG SENI ” KAMANDAKA”

Kebudayaan Indonesia,keberadaanya Kini,merupakan perwujudan dari puncak puncak kebudayaan daerah,Yang Salah satunya adalah kebudayaan Jawa Barat ( Sunda)

Salah satunya adalah karya Seni.

Melalui karya Seni diharapkan adanya imbas pembangunan mental spiritual dalam mewujudkan peradaban manusia seutuhnya.Salah satunya adanya Lingkung Seni KAMANDAKA.

Lingkung Seni Kamandaka ditetapkan pada 17 Mei 1985.Peresmian dilakukan Oleh Kepala Kandepdikbud Kodya Bandung, Dana Setia,BA.

Ketua organisasi kesenian tersebut adalah Ny.Mien Suparman.Organisasi Lingkung Seni Kamandaka ini Berkecimpung Dalam pengembangan Seni traditional Yang berakar pada kesenian rakyat seperti ; Ketuk Tilu,Jaipongan,Tahun,Kliningan,bahkna dijajaki Tatiana klasik.

Ny.Mien Suparman Yang menimba pengalamannya dari padepokan Jugala maupun sebagai penari Salah Satu perkumpulan kesenian Di Bandung,berprakarsa untuk menditikan Lingkung Seni tersebut setelah mendapatkan himbauan Dari rekan rekannya untuk membentuk wadah Lingkung Seni,Dan pada tanggal 17 Mei 1985 diresmikanlah Lingkung seni Kamandaka

 

Kamandaka

Dinas Pendidikan Kota Bandung 2017