Blog

05/03/2020

Dinas Pendidikan Kota Bandung Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Tahun 2020

Bandung – Dinas Pendidikan Kota Bandung Sosialisasikan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Tahun Pelajaran 2019/2020 bagi Ketua Lembaga PKBM, SKB, Penilik, Operator Lembaga dan Proktor di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung, (04/03/2020).

Hadir Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Pendidik Anak Usia Dini Abdul Gaos di dampingi Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Cucu Halimah, berperan sebagai Narasumber Elih Sudiapermana dengan materi “Merdeka Belajar” yang dihadiri sebanyak 150 Orang Peserta.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan dan mengkoordinasikan kebijakan Ujian Nasional Tahun 2020 serta memfasilitasi pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020 di Satuan Pendidikan Kesetaraan.

“Ujian Nasional di tahun ajaran 2019/2020 masih tetap dilaksanakan dengan berbasis Komputer”. Tutur Abdul Gaos dalam pembukaannya.

Abdul Gaos menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan akan memfasilitasi ujian sekolah yang dilaksanakan oleh satuan Pendidikan diantaranya PKBM, Home Schooling yang prinsipnya mandiri di sekolah.

Ada tahapan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, terakhir  kemarin sudah dilaksanakan Simulasi UNBK. Selain itu untuk Ujian Sekolah paket A, B, dan C prinsipnya bisa membuat soal sendiri atau menyusun oleh tim pembuat soal.

“Sebelum pelaksanaan Ujian, semua permasalahan yang ada di Lembaga harus sudah clear”. Tegas Abdul Gaos di akhir sambutannya.

Sementara itu, Cucu Halimah menyampaikan bahwa persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Tahun 2019/2020 dapat tersosialisasi dan terkoordinasi dengan baik, serta diharapkan kualitas penyelenggaraan UNPK tahun ini dapat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

Tim Kehumasan Disdik Bandung

Dinas Pendidikan
About