Blog

01/10/2020

Double Winner Perwakilan Jawa Barat ke Tingkat Nasional FLS2N

Bandung – Dengan tema Eksplorasi Budaya Nusantara “Gita Legenda” yang berjudul “Sangkuriang”, SMP Santo Yusup Kota Bandung Provinsi Jawa Barat mendapatkan Double Winner Perwakilan Jawa Barat ke tingkat Nasional FLS2N bidang lomba Musik Kreasi Tradisional dari Kota Bandung SMP Santo Yusup, meraih Juara Pemain Musik Terbaik dan Penyaji Terbaik Nasional.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh peserta didik SMP Santo Yusup, Ruang Wakil Walikota, Rabu, (30/092020).

“Mudah mudahan apa yang kita lakukan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, dan bagi para peserta didik, terus berlatih, dan gapai cita citamu setinggi langit”. Tutur Yana Mulyana

Perlu kita ketahui, Sangkuriang adalah cerita legenda warisan para leluhur, menceritakan asal muasal Gunung Tangkuban Perahu yang berasal dari daerah Bandung Jawa Barat. Banyak nilai yang terkandung dalam cerita ini, tentu saja dibaca dengan berbagai pendekatan disiplin ilmu tafsir Hermenneutika atau Panca Curiga (lima senjata/ilmu) di Tatar Sunda seperti : Silib, Sindir, Simbul, Siloka, Sasmita.

Intinya apa yang dialami Sangkuriang dalam cerita ini, bisa dijadikan pelajaran yang berharga dalam kehidupan kita, ini merupakan pesan yang tersirat dari para leluhur Sunda dalam sebuah legenda. Cerminan hidup bagi kita “Pieunteungeun Urang Hirup” dan berserah diri terhadap ketentuannya “Sumeray Kanu Kawasa”.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar saat ditemui, menyebutkan pertama tentu saja Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi terhadap prestasi yang telah diraih oleh SMP Santo Yusup, dimana prestasi ini merupakan salah satu bukti keseriusan baik pendidik maupun tenaga kependidikan itu sendiri yang telah membuktikan tingkat kinerja yang maximal, yang baik, sehingga diraihnya prestasi yang membanggakan.

Prestasi ini diraih tentu saja melalui proses yang cukup panjang dan penuh kesabaran, oleh karenanya agar hal ini menjadi menjadi hikmah bagi kita, bahwa segala sesuatu asalkan kita fokus dan bersungguh – sungguh, maka tujuannya dapat tercapai

Hikmat Ginanjar berpesan baik kepada peserta didik maupun tenaga pendidik itu sendiri, untuk dapat selalu meningkatkan kompetensi dirinya dan melakukan langkah langkah krearif untuk meningkatkan kualitas SDM melalui keterampilan kreasi seni, dan ini menjadi modal bagi peserta didik, untuk bisa mengembangkan ilmu seninya ketika mereka masuk ke jenjang yang lebih tinggi

Terakhir, Hikmat berharap Kelompok ini tetap bersatu, menjadi sebuah komunitas musik, serta dimanapun mereka berada, ketika dibutuhkan mereka bisa berkumpul kembali dan menyajikan kreasi seni yang dapat di nikmati oleh warga Bandung pada umumnya.

Tim Kehumasan Disdik Bandung

Dinas Pendidikan
About