Blog

13/04/2022

Guru Harus Mampu Beradaptasi di Dunia Pendidikan dan Mampu Menjadi Agent of Change

Bandung – Perkembangan dan regulasi pendidikan terus berubah, maka Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dituntut untuk mampu beradaptasi. Untuk mendorong menjadi Agent of Change, Dinas Pendidikan Kota Bandung menggelar workshop Pengembangan Keprofesian & Coaching Clinic di SMPN 6 Bandung, Selasa (12/04/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. Tentu PTK sebagai garda terdepan untuk menentukan wajah Indonesia khususnya Kota Bandung.

“Bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai harapan Kemdikbudristek yakni Profil Pancasila,” kata Hikmat di SMPN 6 Bandung, Selasa (12/04/2022).

Menurutnya, perkembangan sangat signifikan, regulasi terus berubah sehingga harus mampu beradaptasi di dunia pendidikan dengan fokus pada pengembangan potensi anak. Sehingga para guru harus memahami potensi setiap siswa dan dikembangkan.

“Prinsip Program Merdeka Belajar fokus pada peserta didik. Tinggal kita bagaimana melihat potensi itu seperti apa bagi peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis projek,” ujarnya.

Dalam Merdeka Belajar, memberi kesempatan bagaimana sekolah ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh warga sekolah. Mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, siswa dan lainnya. Kondisi ini bagus untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. *** (fat/irv)

 

Tim Humas Dinas Pendidikan Kota Bandung

 

Berita Satuan Pendidikan , ,
About