Blog

15/10/2021

Peningkatan Kompetensi PTK dalam Paradigma Pembelajaran Baru

Bandung – Paradigma pembelajaran baru di satuan pendidikan bukan hanya mengajar saja, tetapi tugas profesional guru harus bisa menginspirasi para siswa dengan menjadikan model belajar yang menyenangkan. Seperti membuat video pembelajaran yang menarik, guru harus berpikir kritis untuk kemajuan dan kebaikan, serta pandai berkomunikasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, pembelajaran abad ke-21 menggunakan media pembelajaran teknologi yang canggih. Pembelajaran di era merdeka belajar sekarang menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi guru dan siswa.

“Tugas guru di era merdeka belajar harus bisa mengeksplor, profesional dan proposional pada bidangnya untuk mempersiapkan pembelajaran abad 21,” kata Hikmat saat memberikan In Houses Training di SMPN 31 Bandung, Senin (11/10/2021).

Menurutnya, pembelajaran abad 21, guru dan murid harus bisa menyelesaikan masalah dengan cara berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Sebab, konsep merdeka belajar merevolusi pola pikir sehaingga siswa harus siap bekerja atau merima tantangan baru.

“Jika hal tersebut tercapai maka Profil Pelajar Pancasila akan tercapai dengan harapan bisa merubah dunia (pendidikan),” ucapnya.

Ia menegaskan, bahwa guru di abad 21 harus memiliki kemampuan Critical Thingking & Problem Solving, Creativity & Innovation, Commonication, dan Collaboration. Sehingga jadilah guru yang disenangi oleh murid-murid, maka murid akan selalu mengenang sosok guru tersebut. *** (ars/fat/irv)

 

Tim Humas Dinas Pendidikan Kota Bandung

Berita Satuan Pendidikan , ,
About