Blog

18/12/2019

Peresmian Fasilitas Sanitasi Terintegrasi “Peturasan Vertibioponik”

Pada dasarnya sanitasi bertujuan untuk menjamin kebersihan lingkungan manusia sehingga terwujud suatu kondisi yang sesuai dengan persyaratan kesehatan. Selain itu, sanitasi juga bertujuan mengembalikan, memperbaiki, dan mempertahankan kesehatan manusia terutama di lingkungan sekolah dalam mendukung proses belajar mengajar. Selain itu, fasilitas sanitasi yang baik tentu sangat penting untuk menciptakan sekolah yang aman, nyaman dan sehat. Fasilitas sanitasi yang buruk dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Fasilitas sanitasi sekolah yang meliputi air bersih, toilet (kamar mandi, wc dan urinoir), sarana pembangungan air limbah, sarana pembuangan sampah dan pengendalian vektor di lingkungan sekolah perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Maka, PT Biofarma bekerja sama dengan Pemerintah untuk membangun Fasilitas Sanitasi yang bersih dan baik seperti di SDN 136 Sukawarna, Sukajadi Kota Bandung yang di resmikan secara langsung oleh Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana atau yang biasa disapa kang Yana.

Turut hadir Direktur PT Biofarma Disril Revolin Putra, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sekolah Dasar Dani Nurahman, Kepala Seksi Sarana Prasarana Fahrul Wiratmaja, Muspika Kecamatan Sukajadi, para Lurah dan para tamu undangan.

Kang Yana, yang di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyebutkan sanitasi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mewujudkan dan menjamin kondisi lingkungan, terutama lingkungan fisik seperti tanah, air dan udara yang memenuhi syarat syarat kesehatan.

“Dengan terwujudnya kondisi lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan maka produktivitas masyarakat akan meningkat dan biaya perawatan kesehatan pun akan semakin berkurang”. Tutur Kang Yana.

Lanjutnya Kang Yana mengatakan percepatan pembangunan sanitasi di Kota Bandung menjadi sesuatu yang mendesak untuk segera dibenahi, bukan hanya dengan meningkatkan jumlah dan mutu sarananya, tetapi juga dengan memperbaiki perilaku masyarakatnya.

Diakhir, semoga fasilitas ini dapat bermanfaat bagi warga SDN 136 Sukawarna serta dapat mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi seluruh siswa dan guru.

Disril Revolin Putra menyampaikan bahwa program ini, di gerakan oleh Walikota dan Wakil Walikota Bandung, sementara kami hanya dapat memberikan fasilitas yang bersih dan baik untuk memberikan contoh dan menciptakan para pemimpin yang lebih baik lagi.

“program sanitasi ini menjadi 1 wawasan bagi industri, bahwa hidup bersih dan sehat adalah salah satu upaya dalam mencerdaskan anak bangsa”. Tutur Disril.

Tim Kehumasan Disdik Bandung

1

2

3

4

7

8

5

6

Dinas Pendidikan
About