Blog

09/03/2020

PNS BARU HARUS MEMBAWA SEMANGAT BARU

BANDUNG – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru diminta untuk tidak mengendorkan semangatnya dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru di sekolah.
“Jangan sampai status formal sebagai pegawai negeri sipil malah cenderung membuat lalai terutama dalam pengembangan diri.” Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra.
Di sela-sela penyerahan Surat Keputusan (SK) perlu diketahui sebanyak 299 orang guru PNS tersebut merupakan CPNS formasi guru Angkatan Tahun 2018 dan baru di kukuhkan menjadi PNS Tahun ini. Aula Dinas Pendidikan, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (9/3/2020).
“Guru muda, harus punya semangat baru. PNS baru harus mampu menunjukkan bahwa dirinya berkualifikasi dan juga berkompetensi,” ucap Cucu
Cucu Saputra mengingatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru antara lain kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Dari keempat kompetensi itu, ada satu kompetensi yang menjadi pembeda para guru dengan profesi lainnya.
Kompetensi pedagogik sendiri merupakan ilmu/kemampuan mendidik, bahwa dalam mengajar harus menyenangkan bagi siswa sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik. Pedagogik ini yang dapat mengantarkan guru menjadi guru yang merdeka dalam arti mandiri dan berdaulat.
“Pedagogik itu kompetensi unik yang harus dimiliki seorang guru. Maka perkuatlah itu, tunjukkan kedaulatan kalian sebagai guru,” Tegas Cucu Saputra diakhir arahannya
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK), Edy Suparjoto mengajak PNS Angkatan 2018 untuk membentuk Professional Learning Community (PLC) sebagai wadah untuk mengembangkan diri.
“Kegiatannya bisa berupa diskusi rutin atau bahkan workshop. PLC ini diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan guru dalam pembelajaran dan memperbaiki strategi serta gaya pembelajaran sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai level kompetensi yang lebih tinggi,” tuturnya.

Tim Kehumasan Disdik Kota Bandung

WhatsApp Image 2020-03-09 at 16.05.59

WhatsApp Image 2020-03-09 at 16.05.59 (1)

WhatsApp Image 2020-03-09 at 16.05.58

WhatsApp Image 2020-03-09 at 16.05.59 (2)

Dinas Pendidikan
About