Blog

12/02/2022

Siaran Pers : Trauma Healing, Upaya Pemulihan dan Semangat Belajar dengan Nyaman di Sekolah

Bandung – Hari ketiga kegiatan trauma healing diikuti sebanyak 26 siswa kelas 5B yang merupakan murid yang diwalikelasi oleh almarhumah Ati Rohaeni bersama para tim pendamping di SDN 032 Tilil Bandung, Jumat (11/2/2022). Pendampingan metode ice-breaking dan fun game ini sebagai upaya pemulihan dan mengembalikan kebahagiaan serta semangat belajar kepada para siswa.

Tim pendamping begitu sigap dan hangat saat kegiatan trauma healing berlangsung. Seperti biasa, diawali dengan tepuk semangat untuk menciptakan suasana yang lebih ceria, nyaman dan rileks, sehingga para siswa lebih bebas mengekspresikan kebahagiaan.

Plt. Ketua PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana turut hadir mengikuti proses trauma healing dengan menyemangati para siswa untuk tetap ceria, rajin belajar dan tentunya menjaga kesehatan dengan tetap disiplin protokol kesehatan. Dilanjut dengan kegiatan fun game di lapangan dan para siswa sangat antusias mengikuti setiap permainan kelompok tersebut.

“Kami hadir di sini mendampingi anak-anak sampai merasa aman, nyaman dan mereka juga bisa melupakan apa yang mereka lihat,” kata Yunimar di SDN 032 Tilil Bandung, Jumat (11/02/2022).

Istri dari Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulayana pun menegaskan, Pemerintah Kota Bandung melalui kolaborasi Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Pandawa, Puspaga dan Himpunan Psikologi Indonesia akan melindungi dan memberikan pendampingan agar para warga sekolah merasa aman dan nyaman.

“Sebagai antisipasi, nanti kalau bisa dari sekolahnya itu tidak membolehkan orang luar untuk masuk, jadi pada saat mereka diantar hanya sampai gerbang. Ada penjaga dan disambut oleh guru atau pihak sekolah sehingga kita juga tidak kecolongan,” tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengapresiasi kegiatan kolaborasi trauma healing di SDN 032 Tilil Bandung. Hal ini sebagai bukti bahwa pemerintah hadir memberikan pelayanan masyarakata upaya mengembalikan situasi dan kondisi yang kondusif di lingkungan Satuan Pendidikan, sehingga warga sekolah dapat beraktivitas seperti sebelumnya.

“Kegiatan ini sangat positif mohon dukungan kepada seluruh masyarakat dan mendoakan para PTK dan peserta didik agar diberikan kekuatan untuk berjuang mencerdaskan bangsa melalui peran dan fungsi kita. Sehingga anak-anak kita di masa yang akan datang bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan profile Pelajar Pancasila,” jelas Hikmat.

Memperhatikan kejadian yang sudah terjadi, lanjutnya, harapannya semua pihak memberikan kontribusi positifnya dengan tetap menjaga keutuhan, kebersamaan. Sehingga para siswa dapat belajar secara maksimal.

“Masyarakat tetap memelihara suasana yang kondusif dan sinergitas di antara kita, sehingga suasana belajar yang menyenangkan program merdeka belajar dapat terwujud. Yaitu menghadirkan sekolah, Kepala Sekolah, guru, teman dan lingkungan yang menyenangkan dan insyaallah akan memberikan kembali lebih semangat belajar,” ujarnya.

Kepala DP3A Kota Bandung, Rita Verita menjelaskan bahwa kolaborasi ini terbagi menjadi tiga tim di antaranya pendampingan siswa, orang tua dan PTK. Dengan diawali proses assessment dan tentunya pendampingan untuk siswa, orang tua dan PTK akan berbeda.

“Pendampingan orang tua yaitu melakukan wawancara dan konsultasi langsung sebanyak 22 orang. Untuk siswa ada 26 orang dan 11 anak yang memang harus dilanjutkan trauma healingnya,” ungkap Rita.

Menurutnya, pelaksanaan trauma healing berlajan dengan lancar dan seluruh pihak akan terus berkomunikasi serta berkoordinasi dalam penanganan pendampingan di SDN 032 Tilil. Dengan harapan, trauma healing ini dapat memiilihkan Kembali kebahagiaan dan kegembiraan dari warga sekolah..

“Bagi para siswa harus tetap semangat, harus belajar dengan baik, tetap bahagia tetap senang hati, rajin belajar. Bagi orang tua tentu tetap mendampingi anak-anak dan percayakan kepada kami, semoga mereka tetap maju dan berhasil dan melupakan segala hal yang terjadi tentu anak-anak tetap semangat untuk belajar, mohon kepada seluruh orang tua, untuk mendampingi dengan sebaik baiknya,” pungkasnya. *** (fat/irv)

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung

 

Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung Jl. Jend. Achmad Yani No.239, Kota Bandung, 40113

email : disdik.bdg@gmail.com / website : disdik.bandung.go.id / IG : @disdikbdg

Berita Satuan Pendidikan ,
About