Blog

08/10/2019

Sosialisasi Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Dalam rangka percepatan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), Disdik selenggarakan Sosialisasi Teknis Persiapan hingga Pelaksanaan Pendidikan profesi Guru (PPG). Harapannya kegiatan ini dapat membantu Guru meningkatkan kompetensi dan profesionalisme menuju guru profesional. Aula Penerbit Yudistira, Selasa (08/10/2019).
Hadir dalam kegiatan Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Akhmad Taufan beserta Staf. Peserta kegiatan sebanyak 829 terdiri dari guru SD Negeri dan Swasta dibagi menjadi 7 tahap selama 3 hari.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra, membuka sekaligus memberikan arahan kepada para peserta. Cucu menyampaikan bahwa mendorong profesionalisme merupakan wujud kasih sayang Dinas Pendidikan terhadap guru. “jika didorong profesionalismenya maka ujung – ujungnya sampai kepada tahapan guru profesional yang mendapatkan apresiasi” jelas Cucu
Guru harus menempuh uji kompetensi, agar guru dapat mengetahui sejauhmana kompetensi dirinya. Sehingga guru profesional pasti akan meningkatkan kompetensi yang kurang. Bagi Disdik, peta kompetensi Guru tentu hal tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk menetapkan program pelatihan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh guru. Hal tersebut penting agar pelatihan dilakukan tepatpada sasaran dan tujuannya.
PPG ini hadir untuk memberikan apresiasi, memberikan motivasi, serta memberikan dorongan, kerena mutu pendidikan akan baik manakala infrastruktur, proses belajar mengajar, pendidik dan tenaga kependidikan serta tata kelolanya bermutu.
“Tolong jadikan PPG ini sebagai peluang untuk meningkatkan mutu guru sehingga menjadikan diri lebih profesional untuk ke depannya” harap Cucu di akhir arahannya.
Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD, Akhmad Taufan, menyebutkan bahwa Sasaran kegiatan Sosialisasi PPG dalam Jabatan yaitu guru PNS dan Non PNS baik sekolah Negeri maupun Swasta yang belum memiliki Sertifikat Pendidik. Harapannya pelaksanaan PPG ini adalah tersosialisasinya regulasi – regulasi dan teknis rekrutmen PPG. Harapannya peserta memahami kriteria – kriteria dan perysaratan mengikuti PPG, memahami proses PPG yang dilaksanakan Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan dan siklus perkuliahan serta konsekuensinya.. (AMF-TimKehumasanDisdikBandung)

Dinas Pendidikan
About